Langkah Awal Siswa Cerdas


Kita tahu bahwa syarat utama agar cerdas dalam belajar adalah konsentrasi terfokus. Namun tahukah Anda bahwa rata-rata dari kita hanya dapat melakukan konsentrasi terfokus sekitar 5 menit saja pada awal pelajaran? Kemudian setelah 5 menit awal itu, pikiran kita akan mudah terkacaukan kembali oleh hal-hal yang lain. Nah, untuk itulah melalui tulisan ini saya akan berbagi sedikit ilmu bagaimana mempertahankan konsentrasi siswa agar lebih lama. Yang sekaligus merupakan langkah awal dari menuju kecerdasan.

Melalui pengamatan dan pengalaman saya selama ini ketika mengajar, sebenarnya semua siswa memiliki potensi yang sangat besar untuk mengembangkan kemampuan belajarnya. Namun tetap ada saja diantara siswa kita yang selalu mengalami lambat dalam belajar. Dan jika hal ini dibiarkan dan hanya disampingkan oleh guru maka sudah  pasti masalah kesulitan belajar tidak akan pernah terselesaikan.

Salah satu cara strategis untuk mengatasi kesulitan belajar siswa yang saya tulis disini adalah membuat mereka konsentrasi terpusat dalam waktu yang lama. Kebanyakan dari siswa mengalami kesulitan belajar karena mereka belum menguasai secara total konsep dasar yang menjadi pijakan utama materi-materi selanjutnya. Dan, kenapa mereka belum menguasai konsep dasar tersebut? Tahukah Anda? Berdasar pengamatan saya, hal ini disebabkan salah satu diantaranya adalah mereka benar-benar belum berkonsentrasi secara terpusat pada saat menerima suatu konsep awal dari pokok bahasan. Sehingga dengan alasan inilah saya rekomendasikan bagi para pendidik agar benar-benar bisa mengelola kondisi kelas pada konsentrasi terfokus ketika guru menerangkan suatu konsep.

Langkah guru untuk memulai membuat konsentrasi anak terfokus adalah dengan berkata pada mereka " Singkirkan semua hal yang mengganggu konsentrasi!"  Sambil menatap ke sekeliling siswa. Termasuk dalam hal yang mengganggu konsentrasi adalah memegang pensil, menatap teman, melamun, menggaruk-garuk karena gatal, membaca buku, menulis, dan lain sebagainya. Nah, setelah siswa benar-benar dalam keadaan konsentrasi terpusat dalam artian sudah tidak ada lagi hal yang mengganggu konsentrasi, guru baru memulai menerangkan konsep. Kita harus ingat dan sadar bahwa semua siswa bisa belajar dengan optimal jika menguasai konsep dasar dan belajar dengan konsentrasi terfokus dalam waktu yang lama.

Demikian sedikit hal yang dapat saya share kali ini.  Yang mana tulisan di atas setelah saya praktekkan di kelas, siswa berprestasi rendah pun dapat menguasai materi baru dengan mudah seperti halnya siswa lain. Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat.
( Hide )
  1. KONSENTRASI...dimulai dr rumah....kondisi tubuh yang sehat, sudah makan

    BalasHapus
  2. hendaknya guru pun sebagai penggubah kesuksesan siswa

    BalasHapus

Kami tunggu tanggapan Anda!

Terima Kasih.

© all rights reserved
dibuat dengan penuh oleh Wiji Hatmoko