Panitia Sembilan dan teknik menghafalkannya.


Coba Anda sebutkan tokoh dari Panitia Sembilan! Hayo siapa yang sudah hafal?

Nah, jika Anda sudah bisa menyebutkan dengan benar berarti kemungkinan besar siswa Anda nantinya juga bisa dengan mudah menghafalkan. Namun bagaimanakah jika seorang guru masih sulit untuk menghafalkan? Tentu saja saya yakin siswanya juga sulit menghafalkan. Mungkin Anda juga setuju dengan pendapat saya.

Nah, disini saya ingin berbagi teknik menghafal tokoh Panitia Sembilan dengan meringkasnya menjadi satu kalimat. Dengan kalimat tersebut tentu saja akan memudahkan kita dan juga siswa untuk menghafalkan panitia sembilan dibandingkan menghafalkan secara membaca satu persatu.

Panitia Sembilan terdiri dari : Ir. Soekarno, Muh. Hatta, A.A Maramis, Kahar Muzakkir, Ahmad Soebardjo, Wachid Hasyim, Agus Salim,  Abikusno Tjokrosoejoso, Muh. Yamin. Bisa dengan mudah kita hafalkan dengan menyingkatnya menjadi kalimat SOEMUH MAKAR BAWA SABITNYA.

Berikut penjelasannya:
Soe  = Soekarno
Muh = Muh. Hatta

Ma  = A.A Maramis
Kar = Kahar Muzakkir 

Ba   = Ahmad Soebardjo 
Wa  = Wachid Hasyim

Sa   = Agus Salim
Bit  = Abikusno 
nYa= Muh. Yamin

Nah, cobalah Anda menghafalkannya dengan metode di atas. Saya yakin setelah Anda mencoba 2-3 kali pasti bisa menghafalkan dengan mudah. Dan tentu saja setelah berhasil menghafalkan, siswa Anda layak untuk Anda ajarkan dengan teknik di atas. Mudah-mudahan tulisan kecil ini banyak membawa manfaat bagi kita semua.

















( Hide )
  1. namanya jembatan kedelai pak....*ya lanjutgan perjuangannya.......mari bersatu menjunjung tinggi kejujuran dalam pendidikan...ciptakan generasi yang jujur dan mau berusaha di atas kaki sendiri......kata Bung Karno BERDIKARI

    BalasHapus
  2. Ok.... Trimakasih atas kunjungan dan komentarnya

    BalasHapus
  3. sama pak saya juga sering mengunakan nya dalam mengajarkan materi hafalan agar anak lehin suka cos biasanya siswa ngak suka materi hafalan....saya punya bnyk bngt jembatan keledai pak....bisa kita nanti saling tukar

    BalasHapus
  4. Wah, bagus itu....saya sangat senang Bu, apalagi Bu Herlina mo bagi-bagi ilmu untuk pendidikan. Ok, saya tunggu jembatan keledai materi lainnya ya...

    BalasHapus

Kami tunggu tanggapan Anda!

Terima Kasih.

© all rights reserved
dibuat dengan penuh oleh Wiji Hatmoko