Kebaikan Kecil dan Kebaikan Besar

kebaikan kecil, kebaikan besar, dampak kebaikan
Kadangkala kita sering menganggap remeh suatu kebaikan kecil sehingga merasa enggan untuk melakukannya. Karena kita lebih suka melakukan kebaikan besar yang juga memutuhkan tenaga dan pikiran yang ekstra untuk mengerjakannya. Sementara itu, kebaikan kecil yang mudah dan tidak memerlukan banyak tenaga sering kita hindari. 

Sebagian orang meyakini bahwa kebaikan itu memiliki tingkatan, mulai dari yang berpahala kecil sampai berpahala besar. Dan dari sebagian orang tersebut, meyakini bahwa pahala besar tentu harus    disertai dengan kebaikan besar. Mereka meyakini bahwa semakin besar kebaikannya maka pahalanya juga semakin besar.


Lalu menurut Anda apakah ada kebaikan kecil dan kebaikan besar itu?

Untuk mempermudah pemahaman tentang kebaikan kecil dan kebaikan besar, ada baiknya Anda menyimak ilustrasi berikut:

1. Seseorang yang melakukan pekerjaan membuat bendungan agar orang lain bisa memanfaatkan airnya sehingga diwaktu kemarau tidak mengalami kekeringan dan ketika musim penghujan orang tidak terkena banjir.

2. Ada seseorang yang berada di pintu air bendungan yang diatur dengan sebuah alat elektronik. Orang tersebut tahu bahwa ada kabel yang salah dipasang. Yang akibatnya jika orang menekan tombol ON maka pintu air bendungan akan jebol. Lalu ia segera mencari tang dan membenarkan kabel yang salah tersebut.

Menurut Anda manakah yang merupakan kebaikan kecil dan kebaikan besar?


Ya, semuanya adalah contoh perbuatan yang termasuk dalam kebaikan besar. Mengapa? Karena kebaikan itu bukanlah terletak pada besarnya usaha untuk melakukan kebaikan itu, namun lebih terletak pada dampaknya. Suatu kebaikan kecil yang dampaknya besar bagi orang lain, maka kebaikan itu adalah kebaikan besar.

Maka janganlah kita suka meremehkan kebaikan yang kita anggap kecil itu sehingga enggan melakukannya. Lakukanlah sebanyak-banyaknya kebaikan, karena yang namanya kebaikan pasti berdampak baik. 
( Hide )

Kami tunggu tanggapan Anda!

Terima Kasih.

© all rights reserved
dibuat dengan penuh oleh Wiji Hatmoko