Teknik Pengkondisian Kelas Ketika Siswa Ramai

"Kelas tenang gurupun Senang " Itulah fenomena yang mungkin kita idam-idamkan sebagai seorang guru. Kelas yang tenang serasa di surga. Kelas yang tenang juga akan membuat kita merasa nyaman dalam melaksanakan proses pembelajran. Kelas yang tenang bukan berarti kelas yang mencekam karena ulah kita sebagai "guru killer", namun karena ulah dan kerja kita dalam me-manage kelas secara excellent,. Ya, mungkin jika diteorikan memang mudah, namun jika kita dalam keadaan nyata akan terasa sangat sulit untuk memunculkan sosok kata manage tersebut, bahkan yang ada hanyalah kesemrawutan tata kelas.

Maka untuk itulah kita dituntut untuk mengusai berbagai macam Pendekatan Pembelajaran, Model Pembelajaran, Strategi Pembelajaran, bahkan dengan penggunaan Media Pembelajaran .

Disiplin dan manajemen kelas, merupakan pertempuran yang sering terjadi ketika kita berada di dalam kelas, tak dapat disangkal, kita harus menang dalam setiap pertempuran di dalam kelas. Tanpa terfokus dan relatif dapat menenangkan siswa, Anda mungkin juga melupakan kerja keras dan prestasi akademik yang signifikan untuk memenangkan manajemen kelas.
Percaya atau tidak, sangat mungkin untuk menenangkan siswa dan menjaga mereka tetap mengerjakan tugas. Kuncinya di sini adalah untuk mendapatkan kreatif dan tidak mengharapkan satu rutinitas untuk bekerja selamanya. Banyak sekali efektivitas yang dimodifikasi dengan waktu; sehingga merasa bebas untuk menerapkan melalui berbagai metode yang tercantum di bawah ini.
Berikut adalah beberapa uji strategi disiplin guru-siswa yang memenuhi tujuan untuk mempertahankan kelas yang tenang dengan mudah:


1. The Music Box -
Beli kotak musik yang murah. (Target untuk sekitar Rp 100.000,- atau dapat menggunakan music box yang telah ada misalnya tape, mp3 player, dll) . Setiap pagi, Katakan kepada siswa, setiap kali mereka berisik atau tidak mengerjakan tugas, Anda akan membuka kotak musik dan membiarkan music box menyala dan memutar musicnya sampai mereka tenang dan kembali bekerja. Jika, di akhir hari, anak-anak menerima beberapa jenis hadiah. Mungkin mereka dapat memperoleh tiket untuk gambar mingguan atau beberapa menit menjelang akhir minggu untuk waktu bebas bermain. Anak-anak akan mencintai permainan ini dan akan segera tenang ketika anda mencapai ke arah kotak musik. Trik ini telah dimainkan oleh seorang mahasiswa salah satu Universitas di Cambridge, Michelle Nisly, tidak ada salahnya jika kita mencobanya pada kelas di Indonesia.
2. The Quiet Game -
Entah mengapa, ketika Anda baru saja menambahkan kata "permainan" untuk permintaan Anda, anak-anak pada umumnya akan sangat merespon, ya, karena anak-anak mencintai permainan.
Setelah mengulangi tuntutan untuk tenang itu hampir diabaikan, kita memutuskan untuk memiliki anak-anak bermain dalam "The Quiet Game.". Caranya seperti ini : Pada dasarnya, mereka memperoleh 3 detik untuk membuat suara sebanyak yang mereka inginkan dan kemudian, aba-aba "diam" kita ucapkan ! Mereka menjadi diam selama mungkin. Siswa yang membuat keributan menerima terlihat seperti rendah dan tekanan rekan-rekan mereka untuk menenangkan diri lagi di sesi berikutnya. Sering kali kita mengatur penghitung waktu dan mengatakan anak-anak bahwa kita akan melihat berapa lama mereka dapat tetap diam kali ini. Sejauh ini, trik ini telah bekerja dengan baik tanpa imbalan apapun, konsekuensi, kekalahan, atau pemenang. Tetapi, efektivitas mungkin luntur dan kita harus menambahkan beberapa komponen lain ke permainan. Anda mungkin terkejut melihat seberapa baik teknik sederhana ini berhasil! Cobalah !
3. Eye the Clock
Mungkin trik ini sudah tidak asing lagi bagi kita, atau bahkan hal yang sangat baru dan berguna bagi kita seorang guru. Setiap kali siswa Anda terlalu keras dan ribut sehingga membuang-buang waktu, maka mata Anda pasti mengarah pada jam atau arloji Anda. Hal ini karena " waktu ", ya, waktu bukan lagi uang, namun "waktu adalah harta kita". Dengan patokan kenyataan seperti ini, maka " taraaaaaaaaaaaaaaaaaaa, kita sulap menjadi sebuah permainan yang menantang bagi siswa. Kita mulai saja cara kerja trik ini. Pertama, pastikan bahwa anak-anak memang dalam keadaan membuang-buang waktu dengan kegiatan yang tidak karuan ketika mengerjakan soal atau tugas. trik ini sangat simple namun sangat berpengaruh jika anda dapat me-manage ini. Katakan kepada siswa bahwa mereka akan kehilangan waktu istirahatnya jika mereka hanya ribut dan membuat ulah tidak jelas, contoh : " Anak-anak, yang ribut, yang mondir sana sini, yang bikin ulah tidak karuan, maka bapak akan mengurangi waktu istirahannya !! katakan dengan nada dan intonasi suara yang meyakinkan. Biarkan para siswa tahu bahwa yang mereka lakukan hanya membuang-buang waktu dengan menjadi ribut. Ini biasanya bekerja dengan sangat baik karena anak-anak tidak ingin kehilangan waktu istirahat. Lacak waktu yang hilang (turun ke sesi kedua!) Dan terus kita awasi kelas dengan tanggung jawab. Jika tidak, ancaman kosong Anda akan segera ditemukan dan trik ini tidak akan bekerja sama sekali. Tapi, sekali anak-anak melihat maksud apa yang Anda katakan, hanya melirik ke arah jam akan cukup untuk menenangkan mereka.Trik ini cepat dan mudah dan akan bekerja dalam situasi apa pun!

4. Hands Up -
nonverbal adalah cara lain untuk menenangkan kelas Anda yakni melalkukan suatu gerakan tubuh yang memfokuskan alur lalu lintas belajar kelas ke arah Anda, misalnya seperti dengan mengangkat tangan. Bila murid-murid melihat bahwa tangan Anda dinaikkan, mereka juga akan mengangkat tangan mereka. Tentunya dengan kesepakatan yang di buat terlebih dahulu bersama seluruh kelas sebelum pembelajaran kelas dimulai. Tangan berarti berhenti bicara dan memperhatikan guru. Anak akan memperhatikan petunjuk atau sinyal terhadap gerakan yang anda lakukan, gelombang penggalangan tangan akan menyelimuti ruangan dan Anda akan segera memiliki perhatian seluruh kelas dan kembali, anda akan menguasai kelas. A twist on ini adalah untuk mengangkat tangan Anda dan menghitung satu jari pada satu waktu. Pada saat Anda menghitung sampai lima, kelas perlu diam-diam menaruh perhatian pada Anda dan arahan Anda. Anda mungkin ingin diam-diam menghitung sampai lima bersama dengan isyarat visual dari jari-jari Anda. Siswa Anda akan segera terbiasa dengan rutinitas ini dan itu harus cukup cepat dan mudah untuk menenangkan mereka.
Kunci untuk setiap keberhasilan rencana pengelolaan kelas adalah berpikir dengan hati-hati tentang tujuan yang ingin Anda capai dan bertindak dengan penuh percaya diri. Anda adalah guru. Anda bertanggung jawab. Dan andalah raja di kelas, berfikirlah bahwa anda tidak lebih pintar didalam kelas, jadikan para siswa partner anda, tanpa adanya siswa anda tidak akan menjadi guru profesional, dan tanpa siswa anda tidak ada, anda tidak akan berdiri didepan kelas dengan sendirinya. Jika Anda tidak percaya tentang pengelolaan kelas dan mendasari ini sepenuh hati, anak-anak akan merasakan ragu dan bertindak atas perasaan diri mereka sendiri.
Sadar merancang disiplin rutinitas dan mengajar mereka secara eksplisit. Rutinitas Siswa adalah cinta sebanyak yang kita lakukan. Buatwaktu di kelas sebagai individu yang produktif dan setengan mungkin, tentang dalam arti berpikir kritis tanpa ada rasa tekanan. Percayalah, Anda dan anak-anak akan berkembang di bawah keadaan seperti itu!





Semoga trik ini bermanfaat bagi kita semua.. Amin.


Mohon Komentarnya agar ADMIN dapat memperbaiki jika ada kesalahan atau kerancuan dalam artikel ini. Sebelum dan sesudahnya ADMIN mengucapkan terima kasih....








Resource : Google.co.uk

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Kami tunggu tanggapan Anda!

Terima Kasih.

© all rights reserved
dibuat dengan penuh oleh Wiji Hatmoko