HOTEL JANTUNG (Cara Menghafal Peredaran Darah Manusia)

Alhamdulillah masih bisa share lagi sesuatu untuk dunia pendidikan SD. 

Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi teknik pada rekan-rekan guru semua tentang urutan aliran darah manusia. Materi ini adalah merupakan salah satu materi yang akan di uji nasionalkan berdasarkan kisi-kisi UN SD Tahun 2012 yaitu mata pelajaran IPA. 

Melalui tulisan ini bukan maksud saya untuk menggurui atau merasa paling pinter namun karena adanya dorongan jiwa untuk berbagi ilmu yang sekiranya nanti memberikan manfaat bagi banyak orang. 

Berikut saya cuplikkan sepenggal ayat yang saya percayai kebenarannya, mudah-mudahan para pembaca sekalian juga bisa mengambil hikmah dari ayat ini. 

Al Baqoroh: 159
"Sesungguhnya orang-orang yang menyembunyikan apa yang telah Kami turunkan berupa keterangan-keterangan (yang jelas) dan petunjuk, setelah Kami menerangkannya kepada manusia dalam Al Kitab, mereka itu dila'nati Allah dan dila'nati (pula) oleh semua (mahluk) yang dapat mela'nati."


Al Baqoroh : 174
"Sesungguhnya orang-orang yang menyembunyikan apa yang telah diturunkan Allah, yaitu Al Kitab dan menjualnya dengan harga yang sedikit (murah), mereka itu sebenarnya tidak memakan (tidak menelan) ke dalam perutnya melainkan api, dan Allah tidak akan berbicara kepada mereka pada hari kiamat dan tidak mensucikan mereka dan bagi mereka siksa yang amat pedih."

 

Haduh, kok malah jadi kayak ceramah gini.... Maaf ya Pak Bu... Saya hanya memberitahukan bahwa kedua ayat di atas adalah pedoman dan dasar saya untuk menulis sesuatu di blog ini.

Hotel Jantung (Cara Menghafalkan Peredaran Darah Manusia)  


Baiklah, mari kita menuju ke permasalahan Jantung manusia. Eh, aliran darah manusia ding...

Sebenarnya kita semua tahu bahwa jantung manusia terdiri dari 4 ruang. 
Yaitu Serambi Kanan (SA), Serambi Kiri (SI), Bilik Kanan (BA), dan Bilik Kiri (BI).

Katup satu arah mengendalikan aliran darah melalui empat ruang tersebut. Darah yang mengalir ke jantung dari seluruh tubuh berwarna kebiru-biruan. Darah berubah menjadi merah saat bercampur dengan oksigen. Darah dari tubuh mula-mula mengalir masuk serambi kanan, lalu ke bawah ke bilik kanan. Jantung lalu memompa darah ke paru-paru. Di paru-paru itulah darah menukar karbondioksida dengan oksigen. Kemudian darah beroksigen mengalir ke serambi kiri, lalu mengalir ke bilik kiri yang akhirnya dipompa ke seluruh tubuh melalui aorta.

Nah, bagaimana cara kita mengajarkan ke anak didik materi di atas. Berikut ini saya beri contoh teknik Bercerita yang berjudul "Hotel Jantung". Teknik ini saya kutip dari buku berjudul Quantum Teaching karya Bobbi de Porter, dkk pada halaman 187-188.

Hotel Jantung Cara Menghafal Peredaran Darah Manusia


Berikut ulasannya:

Setibanya di Hotel Jantung yang terkenal, Anda hendak meninjau fasilitas. Seorang pelayan, bernama Aliran Darah langsung datang untuk mengantarkan Anda berkeliling. Dia memberitahukan bahwa Hotel Jantung ini mempunyai empat kamar. Dua serambi dan dua bilik. 

Pertama kali dia membawa Anda ke Serambi Kanan (SA). Anda melihat ke sekeliling dan memperhatikan tanaman di sana berwarna biru. Aliran Darah juga berubah menjadi biru. Anda ingin keluar lagi, tetapi pintu tidak dapat dibuka dari sisi ini. Anda dan Aliran Darah harus keluar lewat pintu lain.

Rupanya Hotel ini mengambil tema tradisional, karena ruang yang Anda masuki dibatasi oleh dinding bilik. Warna yang digunakan di bilik ini juga masih bernuansa biru. Lagi-lagi pintu hanya dapat dibuka dari satu sisi. Anda tidak bisa kembali ke Serambi. Anda harus menggunakan pintu lain.

Anda menyusuri lorong panjang dan muncul di sebuah kamar yang berisi dua pompa besar bertanda "P" (Paru-paru). Aliran Darah menukar kantung sampah bertuliskan "KD" (Karbondioksida) yang sudah penuh dengan kantong bersih bertanda "O"(Oksigen). 

Saat Aliran Darah mengambil oksigen, dia berubah menjadi merah cerah. Lalu dia membawa Anda melalui sebuah pintu lain di sebelah kiri, bertanda serambi. Di serambi kiri (SI), semua tanaman berwarna merah. Anda kemudian masuk ke bilik kiri (BI) yang sama-sama bernuansa merah.

Untuk keluar dari bilik tersebut, Anda melewati pintu yang bertuliskan "AORTA". Aliran Darah berkata,"Datang lagi ya!", Anda pun menjawab, "Pasti."


Nah, bagaimana? Sudah ada gambarankah tentang Aliran Darah Manusia?
Untuk lebih membuat pengalaman hotel jantung tadi mengena ke peserta didik, silakan didemonstrasikan bersama dengan anak-anak. Mereka pasti lebih mudah dan menguasai materi tentang peredaran manusia.

Cobalah semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Kami tunggu tanggapan Anda!

Terima Kasih.

© all rights reserved
dibuat dengan penuh oleh Wiji Hatmoko