Menentukan Kalimat Utama pada Setiap Paragraf

kalimat utama
Menentukan kalimat utama pada setiap paragraf
Setiap paragraf (kecuali paragraf deskriptif) biasanya terdiri dari kalimat utama dan kalimat penjelas.

Kalimat utama adalah kalimat yang bersifat umum dan mengandung gagasan utama. Sedangkan kalimat penjelas adalah kalimat khusus yang mendukung kalimat utama tersebut.

Ciri-ciri Kalimat Utama

Kalimat utama memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

1. Mengandung topik permasalahan yang dapat dijabarkan lebih lanjut.
2. Biasanya berupa sebuah kalimat lengkap yang dapat berdiri sendiri.
3. Memiliki arti yang jelas tanpa dihubungkan dengan kalimat lainnya.
4. Dibentuk tanpa kata sambung atau transisi.
5. Pada paragraf induktif, kalimat utama ditandai dengan kata-kata kunci berikut ini :
-Sebagai kesimpulan,
-Yang penting,
-Oleh karena itu,
-Jadi,
-Oleh sebab itu,
-Dengan demikian

Kalimat utama bisa terletak di awal, akhir, atau di awal dan akhir setiap paragraf.

Cara Menentukan Kalimat Utama pada Setiap Paragraf

Pada keterangan di atas kamu telah memahami bahwa kalimat utama bisa terletak di awal, akhir, atau di awal dan diakhir paragraf.

Sekarang, mari gunakan langkah-langkah berikut untuk dapat menentukan kalimat utama tiap paragraf.



1. Tutup kalimat pertama paragraf, dilanjutkan membaca kalimat kedua hingga akhir.


Jika makna paragraf menjadi rancu atau aneh, maka kalimat utamanya adalah kalimat yang kita tutup tadi.

Contoh: Berikut ini kita akan menentukan kalimat utama dari paragraf berikut.

     Olahraga merupakan salah satu kegiatan yang disukai di Jepang, sehingga di sana ada bermacam-macam olahraga. Seni bela diri tradisional pun, seperti, judo dan kendo sama populernya dengan jenis olahraga yang berasal dari luar negeri, seperti, bisbol dan sepak bola. Selain itu, olahraga di laut, yaitu selancar, juga disukai di Jepang.

Kita tutup kalimat pertama paragraf di atas, kemudian langsung kita baca kalimat kedua hingga terakhir sehingga menjadi:

     Olahraga merupakan salah satu kegiatan yang disukai di Jepang, sehingga di sana ada bermacam-macam olahraga. Seni bela diri tradisional pun, seperti, judo dan kendo sama populernya dengan jenis olahraga yang berasal dari luar negeri, seperti, bisbol dan sepak bola. Selain itu, olahraga di laut, yaitu selancar, juga disukai di Jepang.

Apakah masih nyaman dibaca?

Paragraf di atas menjadi rancu setelah kita menutup kalimat pertama. Sehingga kalimat utama pada paragraf di atas adalah "Olahraga merupakan salah satu kegiatan yang disukai di Jepang, sehingga di sana ada bermacam-macam olahraga."

2.  Membaca kalimat terakhir paragraf, jika kalimat terakhir tersebut berupa pokok persoalan yang bersifat umum dibandingkan kalimat sebelumnya, maka kalimat terakhir tersebut adalah kalimat utamanya.

Contoh:
      Ia berangkat pukul lima pagi. Sebuah karung plastik disandangnya sambil berjalan menuju tempat pembuangan sampah. Sampai di tempat yang dituju, ia lantas mengais-ngais tumpukan sampah. Diambilnya barang-barang bekas yang laku dijual dan dimasukkan ke dalam karung. Demi mencukupi kebutuhan hidup keluarganya, pekerjaan itu dijalaninya dengan ikhlas dari pagi hingga petang.

3. Membaca kalimat pertama dan kalimat terakhir, jika kalimat terakhir merupakan kalimat penegasan dari kalimat pertama maka kalimat pertama dan kalimat terakhir tersebut merupakan kalimat utama.

Contoh:
     Seorang anak akan sulit menerima pelajaran jika perutnya kosong. Perut harus kenyang agar dia dapat menerima pelajaran. Dia harus makan makanan bergizi sebelum berangkat ke sekolah. Hal ini harus dilakukan seorang anak setiap hari. Oleh karena itu, orang tua harus memerhatikan anaknya agar membiasakan diri makan pagi sebelum berangkat ke sekolah.

Untuk melatih kemampuan menentukan kalimat utama di setiap paragraf, dapat dilakukan dengan mengambil koran atau majalah kemudian bacalah artikel yang ada didalamnya. Berusahalah mencari kalimat utama pada setiap paragraf menggunakan teknik di atas.

Selanjutnya, untuk melatih kemampuanmu dalam menentukan kalimat utama tiap paragraf, silakan berlatih di sini


Terima kasih, semoga informasi ini bermanfaat.


Tidak ada komentar

Posting Komentar

Kami tunggu tanggapan Anda!

Terima Kasih.

© all rights reserved
dibuat dengan penuh oleh Wiji Hatmoko