Tahap Evaluasi Pembelajaran

1. Tahap Persiapan
  Menurut Damaianti (2007: 8) tahap ini disebut juga tahap perencanaan dan perumusan kriterium. Langkahnya meliputi:
a) perumusan tujuan evaluasi;
b) penetapan aspek-aspek yang akan dievaluasi;
c) menetapkan metode dan bentuk evaluasi (tes/nontes);
d) merencanakan waktu evaluasi; 
e) melakukan uji coba (untuk  tes) agar dapat mengukur validitas dan reliabilitasnya.  Untuk evaluasi yang menggunakan tes, hasil dari tahap ini adalah kisi-kisi soal dan seperangkat alat tes: soal, lembar jawaban (untuk tes tulis), kunci jawaban, dan pedoman penilaian.


2. Tahap Pelaksanaan
  Tahap pelaksanaan atau disebut juga dengan tahap pengukuran dan pengumpulan data adalah tahap untuk mengumpulkan informasi tentang keadaan objek evaluasi (siswa) dengan menggunakan teknik tes atau nontes. Bila menggunakan teknik tes, soal yang igunakan sebaiknya sudah teruji validitas dan reliabilitasnya. Tes yang digunakan dapat berbentuk tes tulis, lisan, atau praktik.


3. Tahap Pengolahan Hasil
  Tahap pengolahan hasil adalah tahap pemeriksaan  hasil evaluasi dengan memberikan skor. Skor yang diperoleh  siswa selanjutnya diubah menjadi nilai. Pada tes tulis pemeriksaan hasil dilakukan setelah tes selesai, sedangkan pada tes lisan dan praktik,  pemberian nilai dilakukan bersamaan dengan waktu pelasanaan tes tersebut.



4.Tahap Tindak Lanjut
  Tahap tindak lanjut atau disebut juga tahap penafsiran adalah tahap untuk mengambil keputusan berdasarkan nilai yang dihasilkan pada tahap pengolahan hasil, misalnya:
  a.  memperbaiki proses belajar mengajar
  b.  memperbaiki kesulitan belajar siswa
  c.  memperbaiki alat evaluasi  d.  membuat laporan evaluasi (rapor)
( Hide )
  1. Terima kasih ilmunya. Sangat membantu sekali untuk saya pribadi selaku pendidik baru

    BalasHapus

Kami tunggu tanggapan Anda!

Terima Kasih.

© all rights reserved
dibuat dengan penuh oleh Wiji Hatmoko