Jumat, 10 Februari 2012

Menghafal Susunan Planet dalam Sistem Tata Surya



Alhamdulillah saya update lagi teknik menghafalkan dan mengajarkan nama-nama planet yang beberapa hari lalu pernah saya share. Bermula dari masih adanya kesulitan diantara siswa saya yang belum bisa menghafalkan susunan planet dengan benar sehingga saya berfikir untuk menggunakan sistem mnemonik yang berkesan agar mereka lebih mudah menerima. Dan ternyata dari pemikiran bawah sadar itu ada sebuah kilasan yang muncul ketika perjalanan saya menuju ke sekolah. Seolah-olah mengingatkan agar membuat teknik khusus untuk membantu daya hafal siswa saya. Akhirnya disetiap jalan saya berfikir bagaimana caranya agar susunan planet dalam tata surya bisa mudah dihafalkan. Dengan metode bernyanyi mungkin bisa, tapi saya tetap berfikir dengan cara lain yang harus unik dan nyleneh agar otak mudah menerima.

Puji syukur ke hadirat Allah swt yang telah membantu saya dalam memikirkan teknik tersebut. Muncul ide untuk membuat cerita yang aneh tentang susunan nama-nama planet yang terdiri dari Merkurius sampai Neptunus.
Nama-nama planet tersebut akhirnya saya ubah dengan nama sesuatu yang jika nanti dikaitkan akan memberikan informasi atau memicu mengingat nama planet yang sebenarnya. Inilah hasil yang saya dapatkan sepanjang perjalanan menuju sekolah tadi pagi (Jumat,10 Feb 2012).


  1. Merkurius= Merak
  2. Venus      = Vespa
  3. Bumi        = Bom
  4. Mars        = Emas
  5. Yupiter     = Jupiter
  6. Saturnus   = Satu
  7. Uranus     =  Orang
  8. Neptunus = Nepal\
Kedelapan planet di atas dapat dengan mudah dihafal dengan cerita seperti ini:

"Ada Merak yang mengendarai Vespa (guru sambil memperagakan, biar lucu lho ya...). Tapi sayang ia menabrak Bom yang akhirnya membuatnya meledak (Dorrrr....Asap mengepul). Setelah asap tadi hilang ternyata ia berubah menjadi Emas dan motornya menjadi Jupiter (Aneh ya...?). Karena kejadian ini langka akhirnya dibelilah semua (Emas dan Jupiter tadi) oleh Satu Orang yang kaya raya dari Nepal".

Sambil bercerita, guru sambil menekankan hal penting (yang berwarna biru)  di papan tulis. 
Dan ternyata anak yang semula belum hafal susunan nama planet setelah ia bercerita sendiri seperti contoh di atas dengan minimal 2 kali pengulangan akhirnya berhasil dan tersenyum serta meyakinkan saya bahwa ia telah hafal 100%. Tepuk tangan yang spontan dari teman-teman yang lain memberi dukungan untuk anak tadi. Saya juga ikut tersenyum dan memberikan tepukan tangan untuknya. Terima kasih ya Allah.....

Dan ini ada usulan dari rekan guru yang juga sahabat FB saya yang bernama Puji Put dan sebelumnya saya ucapkan terima kasih untuk beliau karena telah memberikan kontribusi bagi saya dan juga dunia pendidikan yaitu teknik mengajarkan susunan planet dalam tata surya. Menurut beliau susunan planet tersebut di atas dapat dengan mudah dihafalkan dengan cara Akronim sebagai berikut:

MerVeBuMaYuSaUrNep


Untuk praktik penggunaannya, saya serahkan sepenuhnya pada para pembaca yang budiman. Semoga artikel ini memberi inspirasi dan bermanfaat.

0 komentar:

Poskan Komentar

Semoga Anda tidak pernah puas atas postingan di Blog ini.
Komentar yang membangun akan sangat kami harapkan demi kemajuan ilmu pendidikan. Terima kasih.

 

Support = Like This

Gabung Yuk..

Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes