Menghafal Lapisan Matahari


Masih ingat kan di pelajaran IPA kelas 5 kita telah mempelajari lapisan-lapisan matahari. Nah, masih ingatkah?
Apalagi sebagai guru kelas 5, tentu Anda masih ingat dengan gamblang susunan matahari tersebut. Eits, sebaiknya sebagai guru SD kita juga harus menguasai lapisan-lapisan matahari itu lho. Apalagi sebagai guru kelas 6, yang mana materi tersebut kadang keluar pada Ujian Nasional. Hayo, gimana jika gurunya saja belum hafal. Apalagi muridnya... (hehehe bercanda lho Pak, Bu...)

Nah, untuk itulah saya ingin sekedar sharing tentang bagaimana menghafal lapisan-lapisan matahari dengan mudah. Intinya kita gunakan prinsip sebagai berikut "otak itu sukanya hal yang aneh, lucu, unik, dan berkesan". Sehingga jika kita ubah materi dengan prinsip tersebut, insya Allah deh otak akan suka. Dan jika otak sudah suka, tentu saja ingatan kita akan semakin baik.

OK, langsung saja lapisan matahari dari dalam ke luar terdiri dari:
1. Inti
2. Zona Radiasi
3. Zona Konveksi
4. Fotosfer
5. Kromosfer
6. Korona

Agar lebih mudah menghafal saya gunakan metode bercerita kenang-kenangan dari guru Fisika saya sewaktu SMP. Metode bercerita tersebut adalah sebagai berikut:

Mbah Inti Njaluk Foto Karo Mbah Kromo Numpak Korona. (bahasa Jawa)

kalo di Indonesiakan kira-kira menjadi

Mbah Inti Minta diFoto dengan Mbah Kromo Naik Korona

Lho, kok zona radiasi dan zona konveksinya belum ada?
Hehehe.... sengaja saya buat seperti itu agar para pembaca membuat cerita sendiri agar lebih memberikan kontribusi yang inovatif bagi pendidikan.

Ok, sekian dulu ya... saya tunggu komentar atau tanggapannya dari para pengunjung sekalian. Syukur kalo komentnya adalah metode menghafal lapisan matahari dengan metode yang lain. Agar khasanah pengetahuan saya lebih banyak lagi. Trima kasih...

( Hide )
  1. nyolong crito,.. copas oleh ya??
    kalo boleh usul,. materi buat LCC

    BalasHapus
  2. Monggo kang Mas Tri Widodo.... Kalo untuk materi LCC mohon maaf saya belum bisa share disini. Ya, mungkin karena berbagai faktor.... Maaf ya Brow.... Pissss..

    BalasHapus

Kami tunggu tanggapan Anda!

Terima Kasih.

© all rights reserved
dibuat dengan penuh oleh Wiji Hatmoko