Instrumen Analisis

Sudah menjadi salah satu kewajiban guru dalam melaksanakan tugasnya yaitu mengadakan analisis terhadap hasil ulangan para siswanya. Karena dengan hasil analisis yang diperoleh, guru dapat memetakan sejauh mana penguasaan siswa terhadap materi. Juga bisa menjadi feedback bagi guru untuk mengetahui keefektifan pembelajaran yang telah dilaksanakan.

Untuk memudahkan dalam menganalisis, tentunya kita membutuhkan semacam instrumen / alat untuk menganalisis dengan hasil yang akurat. Baiklah, disini saya ingin berbagi pada Sahabat Pendidikan intrumen analisis yang dimaksud.

Analisis Butir Soal Pilihan Ganda (Kosong)
Analisis Butir Soal Pilihan Ganda
Analisis Butir Soal Uraian (Kosong)
Analisis Butir Soal Uraian
Hasil Penilaian (Kosong)
Hasil Penilaian
Analisis Ulangan Harian (Sesuai Dinas Pendidikan Kab. Wonogiri)

Kisi-Kisi Ujian Nasional SD tahun 2011/2012

Alhamdulillah, akhirnya bisa sharing sesuatu lagi untuk dunia pendidikan. Kali ini saya share Kisi-Kisi Ujian Nasional SD Tahun 2011/2012 yang tentunya menjadi pedoman dalam pembuatan naskah soal Ujian Nasional Tahun 2012. Dengan mengetahui kisi-kisinya diharapkan kita memiliki gambaran umum tentang prediksi soal ujian nasional yang akan datang. Juga bisa digunakan untuk mempersiapkan materi apa yang kiranya harus dikuasai untuk mempersiapkan UN. Mudah-mudahan kita bisa Lulus UN 2012 dengan prestasi yang membanggakan.

Silahkan bagi Para Pendidik dan Siswa SD untuk mendownload kisi-kisi UN SD tahun 2011/2012 di bawah ini :
Kisi-Kisi UN SD 2011/2012.doc 336,5 Kb



 

Guru, Kunci Utama Atasi Fobia Matematika

Bandung, Kompas – Munculnya anggapan siswa dan masyarakat bahwa pelajaran Matematika sulit bahkan menjadi fobia, lebih disebabkan pola pengajaran yang lebih menekankan pada hafalan dan kecepatan berhitung. Guru sebagai penyampai ilmu harus mampu mengajarkan Matematika lebih menarik dan mengembangkan daya nalar siswa.Demikian dikatakan Dr Iwan Pranoto, pemerhati pendidikan Matematika dan dosen pada Departemen Matematika Institut Teknologi Bandung, dalam Semiloka Mengatasi Fobia Matematika pada Anak di Bandung, Sabtu (14/8). Menurut dia, selain kurang bervariasinya pola pengajaran yang ada, ketakutan anak pada Matematika juga disebabkan oleh pola pengajaran guru yang otoriter yang menganggap siswa yang banyak bertanya sebagai hal yang kurang ajar. Siswa harus patuh dengan apa yang diterangkan guru. “Matematika itu tidak sulit. Masalahnya, banyak orang tidak dapat bermatematika secara optimum gara-gara takut terhadap matematika. Ketakutan tersebut membuat mereka enggan belajar bahkan menjadi antipati,” kata Iwan. Iwan mengatakan, pada dasarnya kemampuan manusia untuk memahami matematika sama, tetapi kecepatannya berbeda.

Cepat lambatnya seseorang dalam memahami matematika banyak dipengaruhi oleh kondisi lingkungan terutama dalam berkomunikasi. “Tidak ada istilah bakat ataupun tidak bakat dalam matematika,” tegas Iwan. Kemampuan yang sama tersebut membuat semua orang dapat belajar matematika untuk digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Senada dengan Iwan, psikolog Alva Handayani menyatakan, berdasarkan kapasitas otak manusia yang luar biasa, orangtua dapat optimistis bahwa semua anak dapat memahami matematika. Seorang anak yang memiliki nilai rendah dalam matematika bukan berarti bodoh. Hal itu bisa disebabkan terhambatnya faktor-faktor pendorong intelektualitas anak. Munculnya fobia matematika juga disebabkan sugesti yang tertanam dalam benak seorang anak bahwa matematika itu sulit. Sugesti tersebut muncul dari orang-orang sekitar yang mengatakan matematika itu sulit. (MZW)
Sumber Kompas

Menguadratkan Suatu Bilangan dengan Mudah dan Cepat

 Operasi hitung perkalian sudah diajarkan sejak di sekolah dasar (SD) kelas II semester 2, namun kadang siswa masih mengalami kesulitan apabila melakukan operasi hitung perkalian secara cepat. Terutama, ketika mereka harus menguadratkan suatu bilangan secara mudah dan cepat. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini penulis akan mengulas tentang bagaimana cara/teknik menghitung kuadrat suatu bilangan. Beberapa cara yang dapat dilakukan antara lain dengan menggunakan teknik sebagai berikut.


  1. Kuadrat jumlah suatu bilangan
Dowload Lengkap File: Teknik Menguadratkan Suatu Bilangan dengan Mudah
Cara Download : Klik link di atas, tunggu 5 detik kemudian klik SKIP AD untuk melanjutkan download


© all rights reserved
dibuat dengan penuh oleh Wiji Hatmoko