Minggu, 30 Oktober 2011

Kesulitan Belajar Matematika


Pada umumnya orang mengartikan matematika sebagai ilmu tentang bilangan, hubungan antar bilangan dan prosedur operasional yang digunakan dalam penyelesaian masalah mengenai bilangan. Tetapi sampai sekarang tidak ada definisi tentang matematika secara baku (Moeliono dalam Suyitno, 2000:1). - Amin Suyitno, 1997, Dasar – Dasar dan Proses Pembelajaran Matematika, Semarang : UNNES

Howler dalam Suyitno (2000 :1) mengatakan bahwa “Mathematic is the abstract science of space and number” (Matematika adalah ilmu pengetahuan abstrak dari ruang dan angka). Matematika dapat pula didefinisikan sebagai “the study of abstract structure and their interelations”, yakni studi tentang struktur abstrak dan relasi-relasi antar unsur yang ada. Xvii “We live in a world of objects, time and space. Mathematics provider an agreed-upon system for describing these in terms of quantity or magnitude”. (kita hidup di dunia yang terdiri dari obyek, waktu dan ruang).

Matematika adalah suatu yang berkenaan dengan ide-ide/konsep-konsep abstrak yang tersusun secara hirarkis dan penalarannya deduktif. Kedudukan matematika sangatlah penting dalam kehidupan sehari-hari, karena itu guru harus bisa memberi materi penjelasan kepada siswa mengenai pentingnya kedudukan matematika dan betapa perlunya seseorang mempelajari matematika. Misalnya melalui contoh-contoh penggunaan matematika dalam kehidupan sehari-hari sangat erat hubungannya dengan matematika.

Belajar matematika tidak senantiasa berhasil, tetapi seringkali ada hal-hal yang bisa mengakibatkan kegagalan atau setidak-tidaknya menjadikan gangguan yang bisa menghambat kemajuan belajar matematika. Kegagalan atau keterlambatan kemajuan biasanya ada hal-hal yang menyebabkannya.


Faktor-faktor yang bisa menimbulkan kesulitan belajar matematika menurut Oemar Hamalik yaitu:

1) Faktor yang bersumber dari diri sendiri
Yang dimaksud dengan faktor ini ialah faktor yang timbul dari diri siswa itu sendiri. Faktor ini disebut faktor intern. Faktor ini sangat besar pengaruhnya terhadap kemajuan belajar matematika seorang siswa. Faktor seperti ini seringkali tidak disadari atau bahkan dianggap remeh oleh siswa. Hal tersebut disebabkan karena:
a) Siswa tidak mempunyai tujuan belajar yang jelas.
b) Kurangnya minat terhadap pelajaran matematika.
c) Kesehatan yang sering menganggu.
d) Kurang cakap dalam mengikuti pelajaran matematika.
e) Kebiasaan belajar matematika yang kurang baik.

2) Faktor yang bersumber dari lingkungan sekolah
Hambatan terhadap kemajuan belajar matematika tidak hanya bersumber dari diri siswa sendiri, akan tetapi kemungkinan juga bersumber dari sekolah itu sendiri. Sebab-sebab yang bisa menimbulkan hambatan belajar matematika adalah sebagai berikut :
a) Cara memberikan pelajaran matematika kurang menarik.
b) Kurangnya buku standar.
c) Kurangnya alat-alat yang menunjang belajar matematika.
d) Materi pelajaran tidak sesuai dengan kemampuan siswa.

3) Faktor yang bersumber dari lingkungan keluarga
Sebagian besar waktu belajar siswa dilaksanakan di rumah, karena itu aspek-aspek kehidupan dalam keluarga turut mempengaruhi kemajuan belajarnya, bahkan mungkin juga dapat dikatakan menjadi faktor dominan untuk mencapai keberhasilan belajar di sekolah. Sebab yang timbul dari lingkungan keluarga adalah :
a) Masalah kemampuan ekonomi.
b) Masalah broken home.
c) Kurangnya perhatian orang tua.

4) Faktor yang bersumber dari masyarakat
Pada umumnya masyarakat tidak akan menghalangi kemajuan belajar siswa akan tetapi ada beberapa aspek dalam kehidupan masyarakat yang bisa mengganggu kelancaran belajar siswa, dan tentunya yang berhubungan erat dengan diri siswa itu sendiri yaitu:
a) Gangguan dari jenis kelamin lain.
b) Sekolah sambil kerja.
c) Aktif mengikuti organisasi secara berlebihan.
d) Tidak dapat mengatur waktu.
e) Tidak mempunyai teman belajar bersama.(Oemar Hamalik, 1989 : 112-120).

Demikian tadi adalah sebab dan faktor yang mempengaruhi Kesulitan Belajar Matematika. Pada dasarnya, Kesulitan Belajar Matematika dapat ditanggulangi dengan sedikit memodifikasi strategi belajar yang kita lakukan. Kesulitan Belajar Matematika juga dapat diatasi dengan teknik belajar matematika yang menyenangkan.


0 komentar:

Poskan Komentar

Semoga Anda tidak pernah puas atas postingan di Blog ini.
Komentar yang membangun akan sangat kami harapkan demi kemajuan ilmu pendidikan. Terima kasih.

 

Support = Like This

Gabung Yuk..

Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes